Minggu, 18 April 2010

Cara belajar efektif


Haloooo....para ibu..., saya seorang ibu dari 2 anak, yang tertua kelas 3 SD dan yang kecil TK B. Saya seperti juga para ibu yang lain, tentu aja sangat interest untuk mengamati, bagaimana cara belajar yang efektif untuk anak kita..., ya kan? Iya doooong, karena jaman sekarang ini , hambatan anak untuk dapat berkonsentrasi sangat banyak. Begitu banyak alat hiburan mulai dari tv kabel, games player dan lain-lain.

Pernah ga, Bu, anak-anak diajak untuk baca buku dan mereka menolak dengan lebih memilih untuk main games di komputer atau di PS? Kalau pernah, berarti kita senasib..he he..

Setelah saya sering membaca buku, buku tentang cara mendidik anak dan mengajak anak untuk mau belajar, dan saya coba praktekan di rumah terhadap anak-anak saya, ada beberapa tips untuk membuat cara belajar lebih efektif. Mau tau? Yuuuk , lanjut bacanya yaaa...

Awalnya kendala ini saya rasakan untuk anak saya yang tertua yang sekarang duduk di kelas 3 SD, dia sulit sekali melepaskan kebiasaan menonton televisi, padahal saya mengambil inisiatif berlangganan tv kabel agar anak=anak tidak sempat menonton acara stasiun televisi yang sarat dengan sinetron. Tetapi efeknya juga anak saya menjadi begituuu banyak pilihan acara anak-anak di stasiun tv kabel yang begitu menarik. Beruntung saya memasukan anak saya ke sekolah "full day" , sehingga anak saya "terhambat" acara menonton tv nya... Jadi ini tips awal, membuat waktu anak di sekolah lebih panjang, atau alternatif lain dengan memberi kelas tambahan les untuk anak kita....(cocok untuk ibu yang bekerja di rumah, kalau saya harus di kantor, itulah sebabnya saya pilih "full day school")

Biasakan mengajak anak anda baca buku, baik buku cerita atau komik. Awalnya sulit, karena anak-anak lebih suka menonton....yang penting, ketika anak-anak membaca, kita juga "harus" membaca. Jangan sampai kita minta mereka membaca, tetapi kita malah nonton tv...

Belajar menghadapi ulangan tidak usah terlalu repot...cukup ajak anda membaca, dan diulang sampai 2 atau 3 kali, anak-anak sudah ingat apa yang dibacanya. Jangan takut mereka lebih cepat mengingat ketimbang kita loooh. Buat soal-soal pertanyaan diakhir waktu belajarnya, sekitar 5 sampai 10 soal.

Mungkin keliatannya terlalu simple ya? Tapi boleh dicoba...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar